BERITA TERKINI

Kamis, 25 Desember 2008

Belum Saatnya Kalteng Punya Panti Rehab Narkoba

Palangka Raya - Untuk saat ini, Kalimantan Tengah belum waktu yang tepat untuk segera membangun pusat panti rehabilitasi pengguna narkoba. Hal ini dikemukakan oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus, dr. Suprastija Budi, ketika menerima Pengurus Kader Anti Narkoba Propinsi Kalimantan Tengah (KAN Kalteng), Senin (22/12).

"Kita bisa memanfaatkan Gedung Balai Jiwa Kalawa Atei. Toh selama ini balai tidak termanfaatkan dengan baik," ujar dr. Suprastija Budi, yang juga pembina KAN Kalteng. Ditambahkannya, balai jg mempunyai dokter yang berkompeten untuk penanganan rehabilitasi pengguna narkoba. Misalnya saat diperlukan amphetamin, hanya dokter yang berhak mengeluarkan. Dr. Suprastija Budi juga menambahkan bahwa penanganan pada pengguna narkoba lebih baik dengan cara prefentif-promotif, bukan dengan cara represif. "Strategi represif hanya akan menghasilkan efek jera yang sementara. Misalnya pengguna kita penjara, bisa menyebabkan efek negatif yang berkelanjutan. Didalam sel dia ketagihan, dia pasti akan berusaha mencarinya. Berdasarkan data-data yang ada, menunjukan bahwa dibanyak penjara terjadi peredaran narkoba," ujar dr. Suprastija Budi lagi. Harusnya pengedarnya saja yang dimasukan penjara.

Harus disadari bersama bahwa penyalahgunaan narkoba yang berhasil diungkap hanyalah merupakan fenomena gunung es. Hanya sedikit yang terungkap, dan sangat banyak yang belum terungkap. Oleh karena itu, harus diantisipasi sejak dini dengan melakukan program-program yang prefentif-promotif. Misalnya, dengan penyuluhan. "Penyuluhan juga harus mengena dan sesuai dengan target sasaran, karena kadang-kadang penyuluhan hanya seremonial saja," tambah dr. Suprastija Budi. Dalam penyuluhan, kita mesti melihat siapa yang akan disuluh agar lebih mengena dan tepat sasaran.

Strategi apa yang tepat untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba adalah dengan pendekatan personal, bukan pendekatan birokratif, penyuluhan sejak dini, dan juga prefentif-promotif.


KAN Kalteng

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KAN Kalteng, Heru Setiawan, SP. menjelaskan bahwa program-program KAN Kalteng
juga sudah mengarah ke strategi-strategi yang diungkapkan oleh dr. Suprastija Budi.

"Program-program KAN Kalteng lebih banyak kepada program prefentif-promotif. Misalnya penyuluhan-penyuluhan ke sekolah-sekolah dengan penyuluh dari generasi muda yang sudah dilatih'" ujar Heru Setiawan, SP. Dengan penyuluh yang masih muda, diharapkan peserta penyuluhan tidak akan bosan dan tidak merasa digurui.


Sedangkan program-program KAN Kalteng untuk tahun 2009 mendatang, disamping mengadakan penyuluhan-penyuluhan, juga akan mengadakan pemilihan Duta KAN tingkat propinsi, pembuatan sinetron tentang bahaya narkoba bekerjasama dengan TVRI Kalteng, pelatihan kader, pembentukan KAN di tingkat kabupaten, dan lain-lain.

Komentar :

ada 1
Laki-laki Di Titik Nol mengatakan...
pada hari 

mantap ....

direkturnya siapa .??